Jika Terpilih, Fajar Maritim Upayakan Wanayasa Jadi Ibukota Kabupaten

Jika Terpilih, Fajar Maritim Upayakan Wanayasa Jadi Ibukota Kabupaten

Rabu, 10 April 2019, 8:47:00 AM
Pasang iklan


Purwakarta - Calon Anggota DPRD Purwakarta Fajar Maritim menganggap pemindahan ibukota kabupaten ke Wanayasa merupakan hal yang sangat penting untuk dimulai.


Berdasarkan kajian secara konfrehensif, caleg PDI Perjuangan ini jatuh pada kesimpulan, setidaknya pemindahan ibukota kabupaten Purwakarta ke Wanayasa dilakukan karena sejumlah alasan di antaranya pemerataan persebaran penduduk.


“Kita ketahui, ketimpangan dalam hal persebaran penduduk di Kecamatan Purwakarta dengan kecamatan lain cukup mencolok. Dari luas yang hanya 2,71% dari luas Kabupaten Purwakarta, terkonsentrasi lebih dari 18 persen penduduk. Artinya sangat padat,” kata Fajar di sela blusukan, Selasa (9/4).


Pemindahan ibukota kabupaten ini, kata Fajar, juga sebagai upaya antisipasi lonjakan penduduk akibat urbanisasi, seiring berkembangnya sejumlah Kawasan industri baru yang dekat dengan kecamatan Purwakarta seperti Babakan Cikao, Jatiluhur, Sukatani, Campaka, Cibatu, dan Bungursari.


“Di sisi lain Purwakarta bagian selatan kepadatan penduduknya relatif rendah. Menurut saya, Wanayasa dan Kiarapedes dapat menjadi solusi bagi problem pemerataan penduduk, jika pusat administratif dan perniagaan dijalankan di wilayah tersebut,” ujar mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam ini.


Di samping sebagai pemerataan penduduk, Fajar menambahkan, pemindahan ibukota kabupaten ke Wanayasa bermanfaat sebagai pemerataan pembangunan infrastruktur untuk Purwakarta bagian selatan.


“Jika saya terpilih sebagai anggota dewan dari dapil Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa, dan Kiarapedes, saya akan bawa proposal pemindahan ibukota kabupaten ini ke pihak eksekutif untuk dibahas lebih lanjut,” ujarnya.


“Saya berharap akan ada kesepahaman. Walau tidak akan mudah, karena akan banyak proses yang mesti dikerjakan sebelum masuk RPJMD, revisi RTRW, dan lain-lain. Tapi upaya ini semua tentu untuk Purwakarta yang lebih baik di lima, sepuluh, bahkan dua puluh tahun yang akan datang,” pungkasnya.(Red)

TerPopuler