Desa Linggasari Darangdan mendapat Penilian Sadar Hukum Tingkat Provinsi Jawa barat

Desa Linggasari Darangdan mendapat Penilian Sadar Hukum Tingkat Provinsi Jawa barat

Kamis, 27 Juni 2019, 3:31:00 PM
Pasang iklan



PurwakartaKeluarga Sadar Hukum (KADARKUM) adalah wadah yang berpungsi menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum.

Sedangkan kesadaran hukum masyarakat adalah nilai yang hidup dalam bentuk pehaman dan ketaatan atau kepatuhan masyarakat terhadap norma hukum dan peraturan per undangan undangan hukum yang berlaku.


Dalam hal ini Warga Desa Linggasari Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta mendapat penilian Sadar Hukun dari Kanwil Kemenhukam Provinsi Jawa barat (Jabar) Kamis, 27/06/2019 bertempat di Balai Cipta Rasa Desa Linggasari.


Kegiatan tersebut  di hadiri Camat Kecamatan  Darangdan Ade Sumarna,SH.M.SI, Kapolsek Darangdan Res Purwakarta diwakili Iptu Yulius Renyaan,SH Kanit Reskrim Polsek Darangdan, Aiptu Saepuloh Kanit Intelkan serta Bhabinkamtibmas Desa Linggasari Bripka Deni.R, Danramil 1903 Darangdan Kodim 0619 Purwakarta diwakili Pelda Sutaryo dan Babinsa Desa Linggasari Sertu Adi Pras, Ketua MUI Kecamatan Darangdan KH.Asep Abdussalam, Spdi. Kepala Puskesmas Darangdan H.Tarso, SKM, Kepala KUA Kecamatan Darangdan H.Ahmad Ripa'i, Spdi

Juga di hadiri para Kepala Desa se Kecamatan Darangdan, Perangkat Desa dan Unsur Lembaga Desa Lingasari termasuk aparat Rt/Rw, PKK dan Kader Pos yandu Desa Linggasari.


Tim penilai dari Kanwil Hukam Provinsi Jabar, yaitu, Suherman, SH.MH Biro Hukum dan Ham selaku Ketua tim, Cecep Wawan, SH.MH, Kanwil Hukum dan Ham,  Rikmondang,SAP Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD), Andi Wijaya,STP.MM  Biro Penyandang Masalah Kesejahtraan Sosial (PMKS). kemudian di hadiri Dani Kurniawan, SH Kabag Hukum Setda Kabupaten  Purwakarta.


Penjelasan Suherman Ketua Tim Penilaian Kadarkum,  ada empat sasaran yang jadi bahan penilaian, yaitu, Akses Informasi Hukum, Dimensi Inplementasi Hukum, Dimensi Akses Keadilan dan Dimensi Akses Demokrasi dan Regulasi.


Kepala Desa Linggasari Budi Sahbudin melaporkan kepada tim penilai bahwa di Desa Linggasari telah terbentuk kelompok kadarkum selain PKK dan Kader Pos Yandu, yaitu Gerakan Masyarakat (GEMAS) Linggasari dan Pemuda Peduli Lingkungan (PEPELING) alhamdulillah selama ini  berjalan aktif itupun tidak lepas dari bimbingan Muspika Darangdan, yaitu dari Pak Camat dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Darangdan Ibu Yeti.S Sumarna,Spd "Katanya"


Begitupun menurut Camat Darangdan Ade Sumarna bahwa warga Kecamatan Darangdan sudah terlihat kesadaran hukumnya, sebab PBB nya meraih juara kesatu tingkat Kabupaten Purwakarta, kemudian BAZIS juga meraih juara juga tingkat Kabupaten termasuk K.3 dan Kamtibmas juga demikian "Pungkasnya"(Red) 

TerPopuler