Tribun Manado Menjadi Pilihan Studi Referensi FJOM

Tribun Manado Menjadi Pilihan Studi Referensi FJOM

Minggu, 27 Oktober 2019, 6:09:00 PM
Pasang iklan




Vnews.co.id - MANADO, Forum Jurnalis Online Morotai (FJOM) melakukan study referensi  ke Tribun Manado, di Manado, Sulawesi Utara. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas wartawan Online yang berkecimpung dalam FJOM.

Rombongan FJOM memilih Tribun Manado sebagai media online rujukan karena, menyediakan berbagai macam berita yang terjadi baik itu berita lokal, nasional, hingga internasional secara aktual dan cepat. Atas semua itu, adalah pelajaran berharga bagi FJOM untuk meningkatkan kemampuan dalam liputan maupun penulisan berita.

Tercatat sebanyak 6 orang wartawan pengurus FJOM yang melakukan kunjungan ke kantor tribun Manado,  dibawa pimpinan Ketuanya, Abdul Halil, Sekertaris, Ahmad, Bendahara, Hizbullah, Korlip, Roger M Manawan, anggota Veynrich TE. Merek dan Marjan Marjan

Kedatangan FJOM di kantor Tribun Manado di terima dengan sangat bersahaja oleh Pimpinan redaksinya, Sigit dan bagian iklan, Safril.

Pertemuan tersebut berlangsung sekitar 2 jam, sangat akrab, karena selain disuguhi kopi hitam juga ada sendagurau disela sela berlangsungnya perbincangan itu yang bertempat di meeting room tribun manado. Senin pagi, 21 Oktober 2019

Menurut ketua FJOM Abdul H Husain, bahwa kegiatan study referensi tersebut ada dua tujuan. Pertama, melakukan sharing pengalaman terkait tehnis peliputan, penulisan dan pemberitaan media online. Kedua, soal bagaimana membangun kemitraan dengan pemerintah maupun pihak swasta yang berkepentingan dalam mempromosi prodak atau program, agar media tidak tetap eksis.

Menurut Lilo, demikian ketua FJOM disapa, Alasan Tribun Manado yang di pilih sebagai sumber acuan pembelajaran dan penelitian karena, media tersebut sangat repsentatif dari segala aspek. Baik managamen peliputan, penulisan dan pemberitaan yang selalu menjunjung tinggi UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

"Setelah sharing dengan Pimred Tribun Manado banyak hal baru yang kami dapat. Sehingga menjadi referensi bagi FJOM saat kembali ke Morotai untuk teman teman menerapkan pada peliputan, penulisan dan pemberitaan. Selain itu, tehnis dalam membangun dan menjaga hubungan kerja sama dengan mitra kerja," Tegasnya

Pertemuan kemudian di lanjutkan pada malam hari di salah satu cafe di kota Manado, antara FJOM dan seluruh wartawan Tribun Manado dan redakturnya untuk bertukar informasi seputar peliputan dan pemberitaan.

Selain itu, FJOM juga melakukan silaturahim dengan media Online AntaraNews dan Ketua PWI Sulawesi Utara.

"Dengan ketua PWI Sulut banyak ilmu yang di dapat terkait dengan Uji Kompotensi Wartawan (UKW), dimana di Manado sendiri sebelum mengikuti UKW ada kegiatan pra UKW. Tujuan dari pra ini untuk mempersiapkan pengetahuan dan mental para peserta ujian agar siap menghadapi UKW saat diselenggarakan," terangnya

Selain itu, FJOM juga melakukan studi referensi ke tempat wisata yang jauh dari pusat kota Manado. Sebutlah bukit kasih yang berada di kota Tomohon. Banyak hal yang di dapat disana baik soal ada kerja sama yang baik antara Pemprov dan Pemkot dalam memajukan pariwisata, upah para pengelolanya sesuai UMP dan terbukanya managamen keuangannya.

Perlu diketahui, study referensi adalah rujukan yang menggambarkan informasi tentang sumber terkait dan menjadi rujukan sesuatu untuk dilakukan seseorang, kelompok atau organisasi dimana mereka berada.(oje)

TerPopuler