DPC APDESI PURWAKARTA JUARA UMUM TINGKAT JAWA BARAT DALAM ACARA JAMBORE DESA DI DESA LAKBOK CIAMIS

DPC APDESI PURWAKARTA JUARA UMUM TINGKAT JAWA BARAT DALAM ACARA JAMBORE DESA DI DESA LAKBOK CIAMIS

Sabtu, 30 November 2019, 5:18:00 PM
Pasang iklan

Vnews.co.id - ciamis
,Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi membuka Jambore Desa Kelurahan 2019 di Desa Sidaharja, Kec. Lakbok, Kab. Ciamis, Jumat (27/9/19). Desa Sidaharja sendiri merupakan desa yang berada di perbatasan Jabar dengan Jawa Tengah. 

Dalam sambutannya, Emil --demikian Ridwan Kamil disapa-- meminta kepada semua stakeholder untuk fokus membangun desa perbatasan yang menjadi gerbang masuk Jabar. 

"Saya doakan semua lancar urusannya. Saya pesan ke Pak Dedi Supandi (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) untuk fokus di desa perbatasan, kita ubah istilahnya yang awalnya disebut perbatasan, kini jadi gerbang masuk Jawa Barat, " kata Emil. 

Menurut Emil, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar saat ini memprioritaskan pembangunan desa lewat inovasi dan kolaborasi. Salah satunya dengan menggagas Desa Juara. 

"Apa itu desa juara? Jika warganya bahagia dan tidak ada yang pindah dari desa. Karena tinggal di desa rezeki kota," katanya.

Ada tiga masalah krusial desa di Jabar. Pertama, ketimpangan angka kemiskinan dan digitalisasi pedesaan dengan perkotaan tinggi. Kemudian, Indeks Desa Membangun di Jawa Barat masih rendah. Dari 5.312 desa, hanya 37 desa yang berstatus desa mandiri pada 2018. Problem terakhir berkaitan dengan sistem keuangan desa yang belum maksimal.

Berangkat dari tiga problem tersebut, Pemdaprov Jabar melahirkan inovasi bernama Desa Juara yang memiliki tiga pilar, yakni digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Akhir Jambore desa tersebut mencatatkan Apdesi DPC kabupaten Purwakarta sebagai juara umum. Dimana kabupaten Purwakarta berhasil memenangi berbagai lomba diantaranya cerdas cermat, pameran hasil bumdes, defile seni budaya.

Ketua Apdesi Kabupaten Purwakarta, Anwar Sadat mengucapkan terimakasih untuk seluruh jajaran para kepala desa se kabupaten purwakarta, Anggota DPR RI kang H.Dedi Mulyadi, Ibu Bupati, kadis DPMD beserta jajaran dan segenap simpatisan yg telah memberi dukungan baik secara materil, tenaga dan pemikiran sehingga keikut sertaan DPCC APDESI PURWAKARTA bisa meraih juara umum dalam kegiatan jambore desa provinsi Jawa barat 2019 yg dilaksanakan dilakbok ciamis.

Selanjutnya mari kita tingkatkan soliditas dan sinergitas antara Apdesi dan pemerintah dalam menjalankan kebijakan dan program agar senantiasa menjadi manfaat serta bisa mendorong kesejahteraan bagi masyarakat.
Dzikir seorang pemimpin ada dalam kwalitas pelayanan terhadap masyarakat yg semoga menjadi amal kebaikan bagi kita.

Sdh saatnya desa memberikan warna yg lebih dominan dlm pembangunan, karena desa merupakan objek dlm sebuah kebijakan.

Semangat melayani dan membangun dengan segala inovasinya, momentum jambore  desa kita jadikan spirit untuk meningkatkan pmbangunan yg ada didesa.(Ihksan)

TerPopuler