DPMD Kabupaten Purwakarta Gelar Sosialisasi Tupoksi Kepala Dusun.

DPMD Kabupaten Purwakarta Gelar Sosialisasi Tupoksi Kepala Dusun.

Rabu, 06 November 2019, 9:57:00 PM
Pasang iklan



Vnews.co.id - Purwakarta, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Jawa barat menggelar sosialisasi
Tugas Pokok dan Pungsi (Tupoksi) Kepala Dusun (Kadus) bagi para Kadus seKecamatan Darangdan, Rabu 06/11/2019 bertempat di Aula Kecamatan Darangdan.

Narasumber kegiatan sosialisasi yang di hadiri 30-orang Kepala Dusun dari 15-desa seKecamatan Darangdan,  yaitu, Kasi Perangkat Desa DPMD Kabupaten Purwakarta Idaningsih, S.Pd dan Camat Darangdan Ade Sumarna, SH.M.SI 

Tugas dan fungsi Kadus, yaitu :
1)Untuk melaksanakan tugas Kepala Dusun memiliki fungsi, sebagai berikut :
-Pembinaan ketentraman dan ketertiban.
-Pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat.
-Mobilitas kependudukan dan penataan, pengelolaan di wilayah.

2)Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayah.

3)Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan keamanan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

4)Melakukan upaya upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. 

Penjelasan Idaningsih bahwa Kepala Dusun itu adalah perangkat desa yang tugasnya  membawahi Rw dan Rt, dan tugas Kadus  setiap bulannya harus membuat laporan kegiatan.
Kemudian kejadian sekecil pun di wilayahnya kadus itu harus tahu, termasuk jumlah penduduk sewilayah Dusun tersebut, lahir, mati, pindah dan datang penduduk harus tahu dan dicatat.
Dan insa allah kedepan honor kadus akan naik setara PNS golongan dua (2) dengan sarat harus membantu kolektor  mengenai pungutan pajak, karena honor itu bersumber dari pendapatan pajak "Jelas Ida"

Begitu juga penjelasan Camat Darangdan Ade Sumarna bahwa Kepala Dusu itu punya peran penting diwilayah Dusun, Kadus itu  selain aktif dalam melaksanakan tugas juga harus membantu mensukseskan program pemerintah di Desa, harus punya kantor dan pembukuan guna untuk mencatat jumlah penduduk seperti jumlah KK, jumlah pemilih dan jiwa usik, kemudian data luas wilayah dan peta wilayah serta data wajib pajak "Pungkas Ade Sumarna"
 (Bah Endang)

TerPopuler