Mahasiswa Unismuh Makassar Peringati Hari AIDS Sedunia Dengan Aksi Teatrikal Depan Kampus

Mahasiswa Unismuh Makassar Peringati Hari AIDS Sedunia Dengan Aksi Teatrikal Depan Kampus

Minggu, 01 Desember 2019, 10:53:00 PM
Pasang iklan


Vnews.co.id - Makassar (Sulsel),Dalam rangka memperingati hari AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember 2019, UKM KSR-PMI Unit 114 Unismuh Makassar melakukan teatrikal di depan kampus Universitas Muhammadiyah Makassar.

Teatrikal itu mengekspresikan perasaan para penderita AIDS yang diasingkan di lingkungan masyarakat. “Jangan asingkan saya, saya juga manusia seperti kalian. Saya bukan monster”, ungkapan dari kutipan  seorang penderita AIDS atau kerap disebut ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) pada naskah teatrikal itu.

Selain persembahan teatrikal sore ini, juga dilengkapi dengan aksi bagi bunga berwarna merah dengan tulisan di bagian tangkai “01 DESEMBER 2019,HARI HIV/AIDS SEDUNIA KSR-PMI UNIT 114 UNISMUH MAKASSAR,” ungkap Diah, salah seorang Mahasiswa Unismuh.

Setelah aksi sore tadi, kini sekarang sedang diadakan kegiatan “Malam 1000 lilin” sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari HIV/AIDS sedunia.

Beriku isi teatrikalnya:

1 orang ODHA yg baru diketahui bahwa ia terjangkit penyakit HIV-AIDS, kemudian beberapa warga ingin mengasingkan ODHA tersebut dan di keluar dri kawasan daerah penduduk. kemudian ODHA mengamuk tidak ingin diasingkan ia berkata, “saya tak ingin pula penyakit ini, saya ingin hidup sehat seperti kalian” memberontak terus menerus  ingin lepas dari warga. Kemudian seorang wanita menghampiri dan membela ODHA tersebut di depan para warga kemudian memberikan pemahaman bahwa dia ODHA yang ingin sembuh dan sehat seperti manusia lainnya,wanita tersebut berkata ke semua warga, “Jangan Jauhi Orangnya Tapi Jauhi Penyakitnya

Kegiatan ini juga di lanjutkan dengan  aksi 1000 lilin, Aksi Menyalakan 1000 Lilin Tolak Diskriminasi terhadap Orang Dengan Penyakit HIV/AIDS. 
Sekaligus mendoakan para pengidap HIV-AIDS agar segera di angkat penyakitnya.

Tanggapan dari senior, dalam hal ini merupakan dewan pertimbangan organisasi KSR-PMI UNIT 114 UNISMUH MAKASSAR , Syamsul Alam "Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap orang-orang yang terkena penyakit HIV-AIDS, agar mereka tidak lagi diasingkan, melainkan dirangkul, agar mereka bisa mengurangi tingkat stres. Himbauan juga kepada masyarakat, "lebih baik kita menghindari virus ini, dari pada mengobati, dikarenakan penyakit ini belum ada obatnya"

Semwntara itu" Windi Putri"mengukapkan "Kegiatan ini baru prtama kali saya ikuti dan kegiatan ini mengajak kita agar tidak memandang negatif penderita HIV/AIDS, lebih peduli terhadap mereka dan menjauhi penyakit, bukan orangnya"(Hendra SH)

TerPopuler