Paripurna DPRD kab pulau Morotai persetujuan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2020

Paripurna DPRD kab pulau Morotai persetujuan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2020

Minggu, 01 Desember 2019, 5:59:00 PM
Pasang iklan



Vnews.co.id - Morotai ,Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pulau Morotai dengan Agenda Persetujuan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020.

Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Pembacaan Dua.

Rapat Paripurna di Pimpin langsung oleh Ketua Sementara DPRD Rusminto Pawane serta di dampingi Wakil Bupati Asrun Padoma dan Wakil Ketua I DPRD Richard Samatara.

Pada kesempatan itu, dalam rangka memenuhi mekanisme persidangan, Ketua DPRD memberikan kesempatan kepada Sekretaris DPRD untuk membacakan Daftar Hadir DPRD.

Dalam Laporan Daftar Hadir DPRD yang di bacakan oleh Sekretaris DPRD Nona Duwila tersebut, bahwa jumlah Anggota DPRD terdiri 20 Anggota, yang hadir 16 Anggota dan yang tidak hadir 4 Anggota maka Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Politik DPRD telah memenuhi kourum, dengan demikian segala keputusan yang diambil adalah sah.

Rancangan APBD Kabupaten Pulau Morotai yang di sampaikan oleh Pemda Morotai kepada DPRD pada tanggal 28 November 2019 lalu, pada intinya memuat berbagai kebutuhan penting daerah yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2020.

Berdasarkan keputusan politik, DPRD mengambil kesimpulan bahwa penyusunan APBD Kabupaten Pulau Morotai telah sesuai dengan prinsip dasar penyusunan APBD yang memuat tentang Unsur Transparansi memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi seluas-luasnya tentang APBD, Melibatkan partisipasi masyarakat, Memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan serta subtansi APBD tidak bertentangan dengan kepentingan umum atau Peraturan yang lebih tinggi dan peraturan daerah lainnya.

Orang bijak perna berkata "Pengalaman adalah guru terbaik kita" artinya kita perlu belajar dari pengalaman berpemerintahan di tahun 2019 ini, sambil berusaha untuk mempertahankan bahkan mengembangkan hal-hal positif demi mewujudkan impian kita bersama demi membangun daerah kita yang tercinta ini, di Tahun Anggaran 2020.

Ketua DPRD memberikan kesempatan masing-masing Juru Bicara Fraksi untuk menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi.
Pendapat Akhir Fraksi Pertama, Fraksi Nasdem di bacakan oleh Basri Rahaguna.
Pendapat Akhir Fraksi kedua, Fraksi PDIP dibacakan oleh Hean Rakomole.
Pendapat Akhir Fraksi ke tiga, Fraksi Golkar dibacakan oleh Wilson Julis.
Pendapat Akhir Fraksi ke empat, Fraksi PKS dibacakan oleh Suhari Lohor.
Pendapat Akhir Fraksi ke lima, Fraksi GAN di bacakan oleh Irwan Soleman.
"Kelima Pendapat Akhir Fraksi dengan Keputusan yang sama menyetujuan RAPBD Tahun Anggaran 2020.

Berdasarkan kesepakatan atas RAPBD Kabupaten Pulau Morotai Tahun Anggaran 2020 antara TAPD dan Badan Anggaran DPRD maka APBD Kabupaten Pulau Morotai Tahun Anggaran 2020 di sepakati sebagai berikut, Total Pendapatan Daerah Rp.884.087.689.287 dengan rincian yaitu :
PAD Rp.120.308.284.220,00. Dana Perimbangan sebesar Rp.618.966.015.600,00 dan lain-lain Pendapatan Daerah yang sah sebesar Rp.144.813.389.467,00

Untuk total Belanja Daerah Rp.884.087.689.287 dengan rincian sebagai berikut : Belanja tidak langsung senilai Rp.361.979.601.079,00 dan Belanja langsung sebesar Rp.522.108.088.208,00 

Berbicara tentang RAPBD maka titik tolak kita ada Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang telah di susun oleh masing-masing SKPD, sesuai mekanisme Peraturan Menteri Dalam Negeri No.33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2020.

Setelah itu, Sekretaris DPRD membacakan Keputusan DPRD  No.11/KPTS/DPRD-PM/2019 tentang Persetujuan RAPBD menjadi APBD Kabupaten Pulau Morotai Tahun Anggaran 2020.

Sambutan Wakil Bupati Pulau Morotai, sebagai pimpinan eksekutif dan seluluh jajaran SKPD Kabupaten Pulau Morotai, patut kita berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD yang telah menyumbang energi, pikiran dalam tahapan penyusunan RAPBD Kabupaten Pulau Morotai, juga kami ucapakan terima kasih kepada Fraksi-fraksi yang telah menyetujui RAPBD Kabupaten Pulau Pulau Morotai Tahun Anggaran 2020.

Selanjutnya akan kami sampikan kepada Gubernur Maluku Utara agar dapat di evaluasi dan di terbitkan rekomendasi sesuai mekanisme yang berlaku.

Kami Bupati dan Wakil Bupati Pulau Morotai berkomitmen membangun kepentingan pembangunan dan peleyanan pembangunan dalam masyarakat pulau morotai.

Ketua DPRD menutup Rapat Paripurna dengan Agenda Pengambilan Keputusan Politik tentang Persetujuan RAPBD Tahun Anggaran 2020.(oje)

TerPopuler