Sepak Bola Porprov Malut III Halsel, Morotai Bantai Haltim 2-0

Sepak Bola Porprov Malut III Halsel, Morotai Bantai Haltim 2-0

Selasa, 17 Desember 2019, 7:19:00 AM
Pasang iklan



Vnews.co.id - Halsel,Pertandingan Sepak Bola pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III Maluku Utara (Malut) Tahun 2019 yang dihelat di Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) telah masuk hari ketiga dan berlangsung sengit, antara Kabupaten Pulau Morotai Vs Kabupaten Halmahera Timur (Haltim),  bahkan menjadi laga penentu untuk bisa lolos ke putaran berikut. 

Pertandingan tersebut berlangsung di Lapangan Bola Gamar Galila, Bumi Saruma Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan. Senin sore, 16 Desember 2019. 

Dimana pertandingan tersebut menjadi laga penentuan bagi Morotai karena, sudah dua kali pertandingan sebelumnya kalah 2-1 melawan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan bermain imbang 2-2 melawan tuan rumah Kabupaten Halmahera Selatan.

"Saat ini Morotai terpuruk di urutan ke 5 atau juru kunci, sehingga pada pertandingan Senin sore hari ini melawan Haltim tidak ada kata lain, Morotai wajib menang bila ingin menjadi juara," tegas pelatih kepala Morotai, Zainal St Panduko, sebelum berlangsungnya pertandingan, Senin pagi 16 Desember 2019.

Lanjutnya, karena target wajib menang sehingga ada perubahan strategi dalam menurunkan komposisi pemain agar tidak terbaca lawan.

"Kami harus berani mengambil resiko dengan merubah strategi komposisi pemain dalam melawan Haltim," katanya

"Alhamdulillah hari ini Morotai menang telak 2-0 atas Haltim dan saat ini nyaris mengantongi poin sempurna," sambungnya.

Sementara menejer team Morotai, Ismail T Rahaguna, menegaskan laga Morotai vs Haltim merupakan laga krusial karena Morotai sudah sekali kalah.

"Posisi Morotai membuat menejer dan pelatih Morotai berpikir keras untuk merubah komposisi pemain dan strategi dalam memasang pemain. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan, besar harapan saya dan masyarakat Morotai agar tim kami dapat meraih emas dari cabor sepak bola di Porprov ini," harapnya

Sesuai amatan media ini, selama pertandingan berlangsung Morotai mendominasi pertandingan. Haltim terus di tekan baik dari sayap kanan, tengah maupun sayap kiri. Menit 39 upaya keras Morotai berhasil membuahkan gol melalui kaki, Wan Laha, pemain  bertubuh mungil nan lincah, bernomor punggung 12, yang terima umpan dari pemain sayap kanan Sarbin. 

Kemenangan 1-0 untuk Morotai bertahan hingga usai babak pertama.

Pada babak kedua, selama 15 menit Haltim mencoba bermain menyerang, terus melakukan tekanan dengan sentuhan pendek menggempur lini pertahanan Morotai tapi, belum dapat menghasilkan gol.

Permainan anak anak Morotai baru kembali pada performa terbaiknya ketika memasuki menit ke 27. Melalu penyerang sayap kiri, Sarbin, menerima umpan dan mendrebel bola, lalu menggiring kedepan dengan kecepatan berlari super cepat, sambil mengontrol dengan sempurna, bola berhasil melewati bek kanan Haltim dan menyodorkan umpan ke tengah depan gawang Haltim dimana salah satu striker Morotai,  Wismar, telah berdiri bebas disana. 

Dengan kontrol dan sekali sentuhan kaki kanan Wismar, membuat kiper Haltim tidak berdaya. Terciptalah Gol kedua untuk Morotai membuat stadion Gamar Galila Bumi Saruma Bacan bergemuruh dengan suara sporter Morotai.

Tambahan waktu 2 menit dari waktu pertandingan babak kedua 40 menit ternyata tidak merubah keadaan walaupun Haltim sempat memberi ancaman di menit menit terakhir, dimana bola tendangan dari penyerang sayap kiri Haltim hanya membentur mistar gawang Morotai yang di kalaw kiper jangkung Rizaldi.

Skor 2-0 ini bertahan hingga akhir pertandingan dan sang mutiara hitam Haltim harus mengakui ketangguhan tim dengan moto "Morotai Bangkit" yang di pimpin capten, Wan Kanaha dan kawan kawan.


Dengan hasil ini, Morotai berada di posisi kedua sementara, dengan mengoleksi 4 poin. Karena sekali kalah, sekali draw dan sekali menang. Posisinya menempel Ternate sementara bertengger di urutan pertama dengan mengoleksi 5 Poin karena, Ternate dua kali draw dan sekali menang dalam pertandingan sebelumnya.

Sementara pertemuan antara Morotai dan Ternate akan digelar pada Kamis sore, 19 Desember 2019 menjadi laga penentuan juara.

Perlu di ketahui untuk Cabor Sepak Bola pada Porprov Malut III di Halsel ini, hanya di ikuti 5 Kabupaten/Kota. Diantaranya Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Haltim, Kabupaten Halbar, Kabupaten Halsel dan Kota Ternate.(oje/stv)

TerPopuler