DPD RI Minta Pemerintah Cegah Penyebaran Virus Corona Masuk Indonesia

DPD RI Minta Pemerintah Cegah Penyebaran Virus Corona Masuk Indonesia

Rabu, 29 Januari 2020, 1:12:00 AM
Pasang iklan

Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin 

Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020

Jakarta - Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin menyoroti penyebaran Virus Corona asal Wuhan, Tiongkok yang sudah mencapai negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia. Dia mengusulkan agar sebaiknya pemerintah Indonesia mencegah sementara masuknya wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia dan termasuk penerbangan kedua negara diperketat sementara waktu. 

“Saya mendengar ada 160 wisatawan asal Tiongkok masuk ke Sumateta Barat padahal, menurut saya pemda bisa saja koordinasi dengan pemerintah pusat atau mengambil langkah preventif karena virus Corona belum ada penangkalnya. Termasuk penerbangan Indonesia-Tiongkok, Tiongkok-Indonesia agar diperketat untuk sementara waktu”, kata Sultan. 

Menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, pemerintah Indonesia perlu mengambil langkah preventif serta sikap waspada dan siaga menghadapi persebaran virus corona dari Wuhan, Tiongkok. Pasalnya, sejumlah negara di Asia Tenggara telah mengkonfirmasi masuknya virus tersebut. "Beberapa negara di Asia Tenggara telah mengonfirmasi masuknya virus corona. Kita mesti waspada dan siaga," ucap Senator Sultan.

“Saya minta pemerintah segera dengan cepat menyiapkan alat pengukur suhu tubuh atau thermo scanner di seluruh pintu masuk Indonesia. Selain itu, saya mendesak pemerintah juga menyiapkan rumah sakit rujukan untuk merawat pasien yang terjangkit gejala virus corona”, tegas Sultan, mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini. 


Sultan juga menambahkan Kementerian Kesehatan agar melakukan langkah-langkah kewaspadaan dini untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona melalui gerbang utama Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Sebab, Bandara Soetta menjadi pintu gerbang masuk dan keluarnya warga dari dan menuju negara terjangkit virus corona.

Sementara itu, Sultan B. Najamudin juga mendesak Kementrian Luar Negeri agar berkoordinasi dengan KBRI di Beijing agar memastikan keadaan mahasiswa-mahaiswi Indonesia yang ada di Wuhan. “Saya mendengar dari kawan kawan PPI Wuhan ada sekitar ratusan pelajar Indonesia menimba ilmu disana. Saya minta agar KBRI di Beijing betul-betul menjaga keselamatan mereka dari ancaman virus corona ini”, ujar Sultan.

Jumlah korban meninggal dunia di Tiongkok akibat virus corona telah meningkat menjadi 80 orang, menurut data pada awal pekan ini. Adapun hampir 3.000 orang dipastikan telah terjangkit virus tersebut.(Dion M)

TerPopuler