Target dinas pertanian Morotai 2022 swasembada pangan,telur,sayur dan buah

Target dinas pertanian Morotai 2022 swasembada pangan,telur,sayur dan buah

Senin, 13 Januari 2020, 4:30:00 PM
Pasang iklan

Kadis Pertanian Pulau Morotai M. Rizal


Vnews.co.id - Morotai,Dalam rangka untuk mencapai target suasembada pangan di tahun 2022, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian Pulau Morotai bakal melaksanakan berbagai program Kegiatan di tahun 2020 ini demi meningkatkan potensi di bidang pertanian.

Program kegiatan yang bakal di laknanakan itu melalui dua sumber anggaran yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang besarannya sekitar 5 meliyar lebih kata Kadis Pertanian M. Rizal saat di temui diruang kerjanya senin, (13/01/2018). 

Ungkapnya, anggaran ini masi kecil jika kita targetkan untuk mencapai suasembada pangan di tahun 2022. Hal tersebut karena, di tahun ini masi di prioritaskan infrastruktur pembangunan dan pendidikan semoga di tahun depan pertanian di prioritaskan. 

Katanya di anggaran DAK penugasan Dinas pertanian akan membangun sarana irigasi dan kantor balai penyuluhan pertanian. Untuk sarana irigasi akan di buat sumur tanah dangkal, bak air, bak parit, pintu-pintu air dan bak penyimpanan air yang di fokuskan di sentra pengembangan padi sawah, dan di sentra hortikultura sayur dan buah-buahan karena, dari luas lahan sebesar 1.200 Ha yang di sediakan baru 356 Ha teraliri irigasi. 

"jadi kalau 1.200 Ha lahan padi sawah yang ada di pulau Morotai sudah ada aliran irigasi di pastikan 2022 target suasembada beras akan tercapai," ujarnya.

Sedangkan untuk pengembangan kantor balai penyuluhan pertanian di fokuskan pada perehapan kantor balai yang berada di Sopi, Kecamatan Morotai Jaya dan kantor di Kecamatan Morotai Selatan katanya.  

Sementara dengan anggaran DAU Dinas Pertanian bakal melaksanakan beberapa kegiatan untuk mencapai suasembada beras, telur, sayur dan buah-buahan Ungkap Rizal. 

Karena, di faktor ini Pulau Morotai telah bekerja sama dengan M Tani Indonesia dalam miningkatkan bibit beras unggulan varietas M 400, kemudian dengan IPB peningkatan padi ladang IPB 9 G, begitu juga sayuran kita juga bekerja sama dengan panah merah yang memproduksi sayur unggul, dan buah-buahan kita bekerja sama dengan IPB dalam memproduksi benih lokal unggul seperti Nanas, salak, durian, dan lain-lain katanya.

Selain itu juga produksi telur di anggaran DAU 2020 ini akan ada penambahan bibit ayam petelur sebanyak 4.000 ekor dan penambahan itu di pusatkan di Desa Morodadi SP1. karena, di Pulau Morotai kebutuhan akan telur semakin hari semakin meningkat hingga perharinya sampai dengan 6.000 butir sementara, yang ada saat ini 2.000 ekor dengan produksi rata-rata perhari sebesar 1.500 butir. Makanya, dengan penambahan sebanyak 4.000 ekor di tahun ini di targetkan produksi sebanyak 4.500 butir perharinya sehinga dengan begitu jika ada penambahan di tahun berikutnya, maka target 2022 kita sudah suasembada telur dengan produksi perhari mencapai 6.000 butir terangnya.(oje)

TerPopuler