Wakil Ketua DPD Sultan B. Najamudin: Peluang Besar Investasi Indonesia-Polandia

Wakil Ketua DPD Sultan B. Najamudin: Peluang Besar Investasi Indonesia-Polandia

Jumat, 24 Januari 2020, 1:28:00 PM
Pasang iklan


Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin menerima kujungan Duta Besar Polandia untuk Indonesia 



Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin menerima kujungan Duta Besar Polandia untuk Indonesia  Beata Stoczyńska di ruang kerja Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin.  Turut mendampingi  Wakil Ketua BKSP DPD RI Senator Ali Ridho, Senator Maya Rumantir, dan Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek (24/1).

Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin menyampaikan apresiasi kepada Dubes Polandia yang terus meningkatkan kerjasama dan hubungan baik antar kedua negara. Diketahui hubungan diplomatik Indonesia-Polandia sudah berlangsung selama 65 tahun. Senator Sultan B. Najamudin mengajak Polandia untuk terus terus meningkatkan komunikasi, konsultasi dan saling mengunjungi antara kedua negara sehingga hubungan Indonesia lebih erat lagi.

“nilai perdagangan Indonesia-Polandia saat ini secara langsung mencapai USD 600 juta. Jika kita menghitung juga nilai arus perdagangan tak langsung, maka nilainya menjadi USD 1 Milyar. Mengingat besarnya nilai perdagangan tak langsung tersebut, berarti nilai secara riil perdagangan Indonesia-Polandia kurang lebih dua kali lipat dari nilai perdagangan langsung tercatat saat ini. Saya yakin potensi tersebut masih bisa ditingkatkan lagi dan ada peluang besar investasi”, tegas Sultan B. Najamudin 

 Turut mendampingi  Wakil Ketua BKSP DPD RI Senator Ali Ridho, Senator Maya Rumantir, dan Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek. 


Dia menambahkan dalam hal perdagangan kedua negara, Indonesia juga memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata baik pariwisata alam, budaya maupun sejarah. Hal ini didukung oleh kekayaan geografis, kekayaan kuliner, kekayaan fashion, adat istiadat dan sebagainya. “Saya mengajak Duta Besar Beata Stoczyńska Duta Besar untuk berkeliling Indonesia dan melihat sendiri potensi besar yang dimiliki Indonesia”, ucap Sultan B. Najamudin. 

Dia mengajak Duta Besar Polandia untuk terus meningkatkan kerja sama antara DPD RI dan Senat Polandia seperti Parlemen Study, Kunjungan antar Parlemen, Pertukaran Staff untuk meningkatkan “capacity building” antar Parlemen.  Program beasiswa Polandia agar terus ditingkatkan. Wakil Ketua DPD juga mengajak Dubes Polandia untuk berkeliling Indonesia dan melihat sendiri potensi besar yang dimiliki Indonesia.

Sementara itu, Duta Besar Beata Stoczyńska menyampaiakan  nilai perdagangan Indonesia-Polandia saat ini mencapai hampir USD 1 Milyar. “Polandia mempunyai investasi besar di Lombok dan Morowali Sulawesi. Kita punya perusahan seperti perusahan energy dan pertambangan”, ucap Dubes Beata. 

Beata Stoczyńska mengapresiasi DPD RI  yang terus mendorong kerjasama kedua negara, hubungan baik antar Parlemen, mendorong investasi dan perdagangan Polandia-Indonesia. “Senate Polandia memiliki hubungan yang baik. Kami selalu saling berkujung satu sama lain. Senate Polandia dekat dengan DPD RI. Oleh karena itu, saya memohon bantuan Wakil Ketua DPD RI Pak Sultan, untuk membentuk “Friendship Group Parlemen Indonesia-Polandia”.  Ini penting bagi Indonesia dan Polandia untuk lebih dekat lagi dan erat dalam hubungan kerja sama kedua negara. Saya yakin itu bisa dan kita bisa lebih baik lagi”, tegas Dubes Beata Stoczyńska

Disamping itu, Beata Stoczyńska mengaku banyak kesempatan beasiswa pendidikan dari Pemerintah Polandia untuk pelajar Indonesia. “Ada sekitar 300 pelajar Indonesia yang sedang studi di Polandia. Kami mengajak Senator dan staf untuk belajar atau berkunjung ke Polandia. Banyak kampus bagus di bidang ekonomi, pendidikan, teknologi dan pertahahan. Saya akan senang hati membantu DPD RI kerja sama ke depan”, ucap Dubes Beata Stoczyńska.(Dion M)

TerPopuler