PR. PMII Tarbiyah UIN Bandung: KKP adalah Bukti Pengabdian Kepada Masyarakat

PR. PMII Tarbiyah UIN Bandung: KKP adalah Bukti Pengabdian Kepada Masyarakat

Minggu, 16 Februari 2020, 1:59:00 AM
Pasang iklan



Vnews.co.id - Bandung, Pengurus Rayon Tarbiyah dan Keguruan Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kabupaten Bandung menggelar Kemah Kerja Pergerakan (KKP) yang ketiga di desa Cileunyi Wetan (15/02/2020).
Sejumlah mahasiswa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Tarbiyah dan Keguruan Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kabupaten Bandung mengadakan Kegiatan Kemah Kerja Pergerakan (KKP) dengan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan di Kp. Nyalindung RW. 09 Ds. Cileunyi Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung pada tanggal 15-29 Februari 2020.

Kegiatan KKP ini sebelumnya telah diselenggarakan dua kali yaitu pada tahun 2013 di desa cileunyi kulon dan tahun 2016 di kecamatan cilengkrang. Bisa dikatakan kegiatan KKP ini merupakan program unggulan dari PMII Rayon Tarbiyah dan Keguruan dalam rangka mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga untuk mengenalkan mahasiswa khususnya semester 6 kebawah agar terdapat acuan dan gambaran untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Desa Cileunyi Wetan, Ketua RW dan Ketua RT setempat. Disamping itu acara pembukaan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat seperti kyai dan pengurus-pengurus DKM serta dihadiri juga tokoh pemuda seperti ketua karang taruna desa dan pemuda ansor PAC Cileunyi.

Dalam pembukaan kali ini Ketua Rayon Tarbiyah dan Keguruan mengatakan, "pada intinya KKP (Kemah Kerja Pergerakan) ke 3 ini adalah bentuk Pengabdian kepada masyarakat", ungkap Irsyad.

kepala desa cileunyi wetan, Bapak H. Hari Hariyono, SH menyampaikan sambutannya dengan penuh apresiasi kepada PMII Rayon Tarbiyah dan Keguruan, terdengar dalam ucapannya yang mengatakan,
 “Saya selaku kepala desa merasa senang dan bangga dengan adanya kegiatan KKP ini yang diharapkan dapat membantu dan memberi manfaat kepada masyarakat”. Dalam acara yang sama, sambutan-sambutan yang diberikan oleh pengisi acara bernada sama yaitu menaruh harapan, memberi apresiasi, memberi dukungan sekaligus wejangan. 

Seusai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan musyawarah bersama  aparatur pemerintahan setempat dan tokoh masyarakat. Musyawarah ini ditujukan untuk bertukar pikiran, menampung aspirasi dan sekaligus menyelaraskan visi agar terjalin simbiotik yang saling dukung mendukung antara mahasiswa dan masyarakat.

Acara musyawarah tersebut menghasilkan banyak saran dan masukan dari masyarakat kepada mahasiswa untuk mengoptimalkan kerja-kerja yang telah terprogram dan dalam musyawarah tersebut juga menghasilkan beberapa hal yang menambah program KKP yang sebelumnya tidak masuk daftar agenda acara semisal mendata titik-titik daerah rawan longsor.

Dalam kegiatan KKP selama dua pekan kedepan ini terdapat program-program dalam berbagai sector mulai dari Pendidikan, kesehatan, sosial dan lain sebagainya. Peserta yang mengikuti kegiatan KKP ini 48 orang yang terdiri dari semester 2 hingga semester 8. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang akan bertugas di setiap RT yang ada dilingkungan RW 13. Informasi ini didapatkan atas keterangan Ketua Pelaksana KKP yaitu Zola Shalahudin Siraj yang disampaikan pada saat mengisi sambutan diacara pembukaan.

Foto-foto Pembukaan KKP Rayon Tarbiyah UIN Bandung







Penulis : Moh. Rifqi S.A
Editor : Murdiono

TerPopuler