Cegah penyebaran covid-19 Pemda pulau morotai melakukan penyemprotan disinfektan

Cegah penyebaran covid-19 Pemda pulau morotai melakukan penyemprotan disinfektan

Selasa, 17 Maret 2020, 10:29:00 PM
Pasang iklan
Vnews.co.id - Morotai, Team satgas kesehatan Pulau Morotai melakukan penyemporotan disinfektan ke beberapa tempat untuk membunuh dan mencegah menyebarnya virus corona covid-19 di Pulau Morotai.

Penyemprotan mulai di lakukan di tempat penyebrangan pelabuhan feri serta di beberapa kantor yaitu kantor Bupati dan kantor DPRD pada selasa, (17/03/2020).

Muhammad Taufik Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes mengatakan kegiatan pencegahan covid-19 sebenarnya di Pulau Morotai sudah di lakukan sejak awal menyebarnya di Wuhan. 

Pemda melalui dinas kesehatan telah melakukan rapat lintas sektor sifatnya terbatas untuk melakukan pencegahan virus corona tersebut. 
"Jadi kita sudah bekerja untuk melakukan pencegahan mulai dari tanggal 30 januari sesudah rapat lintas sektor tersebut di laksanakan" ujarnya

Setelah itu kemudin di tanggal 1 februari kita lakukan pertemuan di tingkat provinsi yang skalanya lebih besar dengan fokus pencegahannya di cegah tangkal pintu masuk terutama di bandara katanya.

Karena, waktu itu penyebarannya belum meramba terlalu luas dan WHO belum tetapkan sebagai pandemik serta di nagara Indonesia sendiri belum ada satu pun kasus yang terifeksi covid-19 ujar M.Taufik.

Lanjut Dia, kasus itu baru terdapat di Wuhan Cina, dan di beberapa Negara di Asia tenggara termasuk Singapura, untuk Negara Indonesia belum terkonfirmasi kasus corona tersebut.

Untuk saat ini sudah menjadi Pandemik karena, sudah banyak Negara yang di temukan kasus positif terinfeksi Covid- 19 sehingga Presiden menetapkan keadaan ini sebagai situasi bencana Nasional.

Pemerintah daerah kemudian di berikan kewenangan untuk membentuk satgas atau hal-hal yang di mungkinkan untuk meredam dan mencegah menyebarnya firus corona di daerah.

Karena, ada beberapa provinsi yang suda di nyatakn positif terinfeksi virus corona walaupun Morotai belum. Nah, Satgas di bentuk untuk mencegah tangkal di pintu masuk yang tadinya skopnya baru di bandara kini di perluas ke pelabuhan.

"makanya tadi sudah kita lakukan penyemprotan  disinfektan untuk mencegah dan membunuh kuman di beberapa tempat yaitu di pelabuhan feri dan beberapa perkantoran besok akan di lanjutkan di pelabuhan penyebrangan Imam Lastory" terangnya.

Sebenarnya di pelabuhan sendiri sudah di lakukan oleh kantor kesehatan pelabuhan namun, karena keterbatasan sumber daya dalam hal tenaga. nah karena, ini di libatkan lintas seektor yang lebih luas yakni OPD maka maka kami akan lakuka di sana dan di harapkan ketersediaan personil lebih banyak lagi.

Kegiatan ini akan ful di lakukan selama 12 sampai 14 hari kedepan dengan melihat perkembangan kasus yang terjadi di Negara ini karena, yang di lakukan ini cegah tangkal morotai sendiri saat ini kan belum di temukan.

Efektifnya kata M. Taufik bisa saja di lakukan selama pada dua kali siklus masa inkubasi atau selama 24 hari.

Massa inkubasi artinya masa di mana kuman itu masuk di dalam tubuh manusia kemudian menimbulkan gejala klinis entah itu batuk, demam, sesak napas sehingga dari pertimbangan kami secara kesehatan epideomologi efektifnya bisa di lakukan ful selama 24 hari.

Untuk itu himbauannya di sampaikan kepada seluruh masyarakat boleh saja melakukan aktifitas tetapi tetap menjaga kesehatannya dan apabila merasa kesehatannya terganggu secepatnya melakukan pemeriksaan di pusat pelayanan kesehatan terdekat ataupun rumah sakit.(oje)

TerPopuler