Kades Samatan Pamekasan Tingkatkan Pelayanan dan Bangun Desanya Dengan Program BUMDes

Kades Samatan Pamekasan Tingkatkan Pelayanan dan Bangun Desanya Dengan Program BUMDes

Minggu, 08 Maret 2020, 12:24:00 PM
Pasang iklan

Pamekasan,Vnews.co.id - Meningkatkan pelayanan dan pembangunan desa dari segala sektor merupakan impian hampir semua Kepala Desa (Kades), salah satunya Mohammad Tamyis selaku Kades Samatan, Kecamatan Prpopo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Sabtu (07/03/2020)

Bagi Mohammad Tamyis yang sudah perpengalaman menjadi Kades, ditahun 2020 program yang diterapkan salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

"Salah satu program yang saat ini kami terapkan adalah melalui BUMDes yang anggotanya sudah lumayan banyak, hampir ada sekitar 300 orang", katanya.

Menurutnya, melalui BUMDes ini desa Samatan akan semakin maju dan berkembang secara terarah, karena hampir semua kegiatan yang ada diketahui dan dikelola oleh Pemerintah Desa.

"Kegiatan BUMDes Samatan diantaranya, simpan pinjam, Investasi tabungan sosial yang fungsinya untuk membantu memberikan santunan keitika ada musibah kematian, selain itu pula ada tabungan pendidikan yang fungsinya akan membantu berupa seragam dan perlengkapan sekolahnya", ucapnya.

Kades yang dikenal penuh semangat ini juga sudah membangun beberapa kios dan beberapa rombong Pedagang Kaki Lima (PKL)

"Beberapa kios ini kami bangun dan kami kelola, Alhamdulillah sudah berjalan dengan lancar, sedangkan untuk rombong PKL ini beroperasi pada malam hari, kami kumpulkan para pemuda yang punya semangat untuk buka usaha sesuai dengan keinginan bapak Bupati yang ingin membuka 10.000 wira usaha baru", jelasnya.

Selain itu menurutnya ia akan membuka rest area di lahan tanah kas desa mengingat Desa Samatan merupakan jalur utama Provinsi, jalur religi ke Batu Ampar.

"Kami mohon dukungannya pemerintah rencana kami kedepan ingin membuka rest area di depan kantor Balai Desa Samatan, selain itu kami juga sudah mengirim beberapa orang untuk dilatih terampil produksi sandal, insyaallah dalam minggu ini kami sudah produksi sandal dengan label Samatan Pamekasan Hebat", ungkapnya.

(M. Halili)

TerPopuler