98 Penumpang KM Ratu Maria Masuk Pulau Morotai Jalani Rapid Tes

98 Penumpang KM Ratu Maria Masuk Pulau Morotai Jalani Rapid Tes

Rabu, 17 Juni 2020, 8:28:00 PM
Pasang iklan



Vnews.co.id, MOROTAI- Tim Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara (Malut) kembali menyambut 98 orang penumpang kapal laut KM Ratu Maria dari Kota Ternate, tiba dan sandar di Pelabuhan Laut MS Lastori Daruba Kecamatan Morotai Selatan. Pada Rabu pagi (17/6/2020).

Sebanyak 98 itu dikumpulkan di terminal penumpang jalani protokuler kesehatan, disemprot cairan disinfektan dan di data. Setelahnya, diangkut menggunakan mobil bus ke gedung GOR SD unggulan I Daruba.


Ditempat itu, Tim medis melakukan scener suhu tubuh setiap penumpang,  mengidentifikasi riwat perjalanan, mengidentifikasi riwat penyakit, pemeriksaan kesehatan, selanjutnya diangkut ke tempat karantina yang telah disediakan Pemkab Pulau Morotai.

"Jumlah penumpang KM Ratu Maria sesuai manifes 120 orang, 22 orang penumpang Pulau Loloda dan 98 orang penumpang masuk Pulau Morotai," ungkap Kabag Protokoler Setda Pulau Morotai sekaligus penanggungjawab Karantina, Hi. Abdul Karim, Rabu (17/6/2020).

Seluruh penumpang kata Karim, dilayani tim medis seperti biasa sesuai prosedur protokuler kesehatan yang diterapkan bagi setiap peserta karantina. Mulai dari scener suhu tubuh, pendataan nama penumpang, riwayat perjalanan dan riwayat penyakit setiap penumpang

Menurut Abdul Karim, seluruh penumpang itu berasal dari kota Ternate, tidak ada yang dari luar Maluku Utara. Namun, karena Kota Ternate juga zona merah Covid-19 maka seluruh penumpang langsung jalani Rapid Diagnostik Tes (RDT).


"Tim Medis bertindak cepat, sehingga seluruh penumpang yang berjumlah 98 orang itu dilakukan Rapid Tes dan hasilnya 10 orang reaktif, sehingga yang reaktif karantinanya dipisahkan untuk jalani perawatan lebih lanjut," tegasnya.(Oje)

TerPopuler