Akibat Bencana Letusan Lumpur Kesongo (bahasa Jawa Ngordho) Warga Alami kerugian Besar

Akibat Bencana Letusan Lumpur Kesongo (bahasa Jawa Ngordho) Warga Alami kerugian Besar

Kamis, 27 Agustus 2020, 7:43:00 PM
Pasang iklan






Vnews | propinsi jateng,
Telah terjadi letusan lumpur yang dahsyat, Pada hari Rabu pagi sekira,  jam 05.00 WIB.  Letusan Kesongo (bahasa Jawa Ngordho). Menurut saksi mata, Marno yang juga korban sedang mengeluarkan Ternak Kerbau untuk di Gembala bersama ternak lainya. 

Marno menggiring  kerbau untuk minum di Rawa dekat pusat letusan, kemudian  Marno merasakan tanah bergetar dan melihat pecah mengeluarkan Lumpur dan melihat sebagian kerbaunya terkubur lumpur tersebut dan ternak lainya."tutur marno." kamis 27/08/2020.


Semua ternak berhamburan melariak diri menghindari letusan, dan sampai  jam 10 siang ini. masih ada puluhan ternak belum ditemukan dan diduga terkubur material lumpur.

 Kemudian  Marno berniat menyelamatkan diri dengan berlari tanpa menghiraukan ternaknya lagi. Sedang 3 orang saksi mata lainya yaitu Sukimin, Kadis dan Warino yang berada di belakang kandang kurang dari jarak 50 meter,  juga berlari menyelamatkan diri.

kemudian selang beberapa menit ada Letusan Susulan dengan durasi kurang dari 10 menit. kemudian korban tersebut ditemukan Warga sudah pada lemas karena menghirup asap belerang dari letusan tersebut.

kemudian warga yang kebetulan ada dilokasi dan melihat lang sung membawa Marno, Kadis dan Sukimin untuk dirujuk dibawa Ke  Puskesmas Doplang.
Sedang, Warino di bawa Ke RS Habibullah. 

Berkap kesigapan tim medis,ketiga korban dapat tertolong. kurang dari 1jam korban dinyatakan sembuh dan sehat total. 

Dari  Data dan laporan salah seorang warga kadis menuturkan" akibat bencana tersebut, beberapa ternak warga hilang diantaranya kerbau milik supri 3 ekor, milik sukimin 3 ekor , parjono 3 ekor, marno 3ekor,  parji 3 ekor, samin 1 ekr, serta milik kadis 3  ekor.

Secara materil warga sangat sedih dengan kehilangan ternak miliknya,tapi apa daya ini musibah." ungkap kadis salah seorang warga(kopral/yp)

TerPopuler