Apresiasi Kepala Desa Banyuresmi Terhadap Kadis Pariwisata, Kabupaten Garut

Apresiasi Kepala Desa Banyuresmi Terhadap Kadis Pariwisata, Kabupaten Garut

Rabu, 05 Agustus 2020, 10:08:00 AM
Pasang iklan
Vnews | Garut - Apresiasi Kepala Desa Banyuresmi terhadap Kepala Dinas Pariwisata (Budi Gan-Gan Gumiliar, SH, M.Si) atas Perhatian kepada para Kepala Desa yang terlibat dalam pembangunan Situ Bagendit. Senin, 03/08/2020.

Kepala Desa Banyuresmi Ahmad Hidayat menyampaikan aresiasai terhadap Kadis Pariwisata Garut, terkait dengan adanya program pembangunan Wisata Situ Bagendit. Alhamdulillah pertama kali sudah ada komunikasi dan pertemuan dengan tim Dinas Pariwisata yang dipimpin Bapak Wakil Bupati Garut bertempat di kantor Kecamatan Banyuresmi, Ucapnya.

Adapun pembahasan yang disampaikan yaitu tentang data Aset-aset Desa Banyuresmi yang berada dilokasi Situ Bagendit, yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Ahmad Hidayat menjelaskan aset Desa Banyuresmi terdiri dari 12 kios dan lahan parkir, untuk lahan parkir itu sendiri dikelola oleh perseorangan dengan kata lain pihak ke- 3, sementera kios itu sendiri dikelola langsung oleh BUMDES. Dimana kedua aset itu sebagai pendapatan asli desa, Ujarnya.
Dari hasil musyawarah Desa bulan lalu dengan Dinas Pariwisata, yang melibatkan pihak Ke-3, BPD, dan LPM, terkait pembahasan Anggaran Dana Desa yang telah digunakan untuk pembangunan kios dan lahan parkir yang dimana sebagai tanggung jawab pihak Kepala Desa kepada Inspektorat bila ada pemeriksaan.

"Dari hasil kesepakatan Pihak Dinas Pariwisata menjanjikan akan mendapatkan penggantian" 

Ahmad Hidayat menjelaskan tujuan dengan adanya kesepakatan penggatian dana anggaran untuk aset Desa, kedepanya akan mengalihkan sesuai dengan aset-aset yang dimiliki Desa untuk pengembangan BUMDES untuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang bisnis (usaha), Tuturnya

Selain itu juga dalam pelaksanaan pembangunan proyek Situ Bagendit pihak Dinas Pariwisata menyarankan untuk melibatkan para pekerja lokal untuk bisa bekerja.
Ahmad Hidayat menegaskan pada prinsipnya kami sebagai pemerintah Desa Banyuresmi sangat mendukung penuh atas pembangunan Situ Bagendit. Dengan harapan kedepanya dapat meningkatkan atau membankitkan tarap ekonomi masyarakat disekitar wilayah Wisata Situ Bagendit, dan Desa Banyuresmi.

Dengan adanya pembangunan Situ Bagendit ini akan menjadi kebanggan warga masyarakat Desa Banyuresmi, Kecamatan Banyuresmi dan Kabupaten Garut Khususnya. Serta menjadi daya tarik wisata yang datang ke kecamatan Banyuresmi dengan penomena alam yang indah, Pungkasnya.(Red/Beni)

TerPopuler