Alasan Segel PT Exedy Kembali Bisa Dibuka, Kabarnya 'Ada Orang Dalem'

Alasan Segel PT Exedy Kembali Bisa Dibuka, Kabarnya 'Ada Orang Dalem'

Selasa, 01 September 2020, 12:26:00 PM
Pasang iklan
Vnews | Karawang- Pasca segel PT Exedy Manufacturing Indonesia dibuka kembali, kabar miring diterima redaksi, jika internal perusahaan memiliki 'orang dalem' yang dekat dengan pejabat Pemda Karawang. Sehingga segel perusahaan kembali dibuka, meskipun belum genap 14 hari.

Menyikapi persoalan ini, Pemerhati Pemerintahan Karawang, Asep Agustian SH, MH mempertanyakan kenapa PT Exedy tidak bisa mentaati anjuran pemerintah soal penanganan covid-19. Sehingga segel gugus tugas agar perusahaan ditutup sementara selama 14 hari ke depan malah sudah dibuka kembali.

"Ini soal virus loh, bukan soal jual beli jabatan. Masa masalah virus juga bisa semena-mena karena alasan ada 'orang dalem' sih. Saya kok dari dulu heran ya, di Karawang ini asal ada orang dalem, maka semua urusan dengan pemerintahan bisa beres dengan cepat," sindir Asep Agustian, Selasa (1/9/2020).

Atas persoalan ini, Asep Agustian juga mempertanyakan, bukankah Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Karawang sendiri yang dulu pernah menjelaskan mengenai makna kenapa isolasi atau masa karantina covid-19 harus 14 hari. Yaitu dimana masa inkubasi virus, masa ketika penderita corona pertama kali terinfeksi dan mulai menyebarkan virus, sebelum mengalami gejala.

Artinya, sambung Asep Agustian, menjadi pertanyaan besar jika segel PT Exedy kembali dibuka, padahal masa penyegelan 14 hari ke depan belum selesai. "Makanya di sini patut dipertanyakan kenapa itu segel perusahaan langsung bisa dibuka. Bagaimana dengan perusahaan lainnya (PT DNP) yang disegel gugus tugas juga. Apakah PT DNP juga sudah dibuka segelnya," tanya Asep Agustian.

Oleh karenanya, Praktisi Hukum yang lebih akrab disapa Askun ini meminta kepada Gugus Tugas agar lebih tegas terhadap PT Exedy. Sehingga jangan sampai penanganan Covid-19 di perusahaan tersebut menjadi presenden buruk bagi kinerja Tim Gugus Tugas itu sendiri.

"Ya artinya, seharusnya itu segel jangan dibuka dulu sampai dengan 14 hari ke depan. Karena masa inkubasi virus corona kan selama 14 hari. Meskipun karyawan PT Exedy yang terpapar corona sudah sembuh, tapi bukan berarti lingkungan PT Exedy sudah aman dari virus corona," tandas Askun. (red)

TerPopuler